Hari Lahir Fatmawati dan Perjuangan Kaum Perempuan Modern

Oleh: Amilan Hatta, Ketua PP Baitul Muslimin Indonesia Bidang Hubungan Antar Lembaga.
Jum'at, 05 Februari 2021 14:26 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Berbicara tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, tentunya tidak dapat dilepaskan dari perjuangan kaum perempuan. Salah satu dari banyak perempuan yang berkontribusi dalam revolusi kemerdekaan Indonesia adalah Fatmawati Soekarno. Hari ini tepat pada 5 Februari 1923, sekitar 98 tahun yang lalu lahir seorang Fatmawati, Ibu Negara pertama Republik Indonesia.

Fatmawati merupakan anak perempuan dari pasangan asal Bengkulu, Hasan Din dan Chadijah. Ia dikenal sebagai istri Soekarno, proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia.

Ibu Fatmawati adalah sosok di balik bendera merah putih pertama yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan Indonesia. Fatmawati sebenarnya telah menyiapkan Sang Saka Merah Putih sejak 1944.

Sebenarnya kontribusi Fatmawati dalam perjuangan kemerdekaan tidak hanya sebatas menjahit dan menyiapkan bendera. Meski tidak bertempur di garis depan, Fatmawati memiliki kontribusi berupa ide dan dukungan kepada Soekarno.

Pertemuan pertama Fatmawati dengan Soekarno terjadi pada Agustus 1938. Dimana Soekarno baru dipindahkan dari pengasingan di Flores ke Bengkulu. Soekarno kemudian berkesempatan untuk mengajar di sekolah Muhammadiyah, disinilah awal pertemuan keduanya, ketika lulus dari sekolah Muhammadiyah, Fatmawati ditawari oleh Soekarno untuk melanjutkan pendidikannya di Rooms Katolik Vakschool atau sekolah kejuruan di Bengkulu. Pada tahun 1943, keduanya resmi menikah, dari sinilah kontribusi Fatmawati dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang dimulai.

Baca juga :