Mahfud MD Naik Kelas: Pembelajaran untuk Kita

Ia pernah menjadi calon wakil presiden terkuat untuk mendampingi Joko Widodo pada pemilihan presiden 2019.
Rabu, 08 November 2023 10:09 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Saat munculnya nama Mahfud MD sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo, banyak yang tidak kaget. Namanya dan beberapa nama lain seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil, telah santer disebutkan di media massa sebagai calon potensial untuk menjadi cawapres baik di kubu Prabowo maupun kubu Ganjar.

Namun, akhirnya Mahfud dipilih oleh Megawati Soekarnoputri dan pemimpin partai lain yang tergabung dalam koalisi. Mahfud MD bukanlah nama yang asing di dunia politik.

Ia pernah menjadi calon wakil presiden terkuat untuk mendampingi Joko Widodo pada pemilihan presiden 2019. Namun, situasi berubah dan posisi calon wakil presiden bergeser kepada Maruf Amin.

Namun, terpilihnya Mahfud sebagai pendamping Ganjar Pranowo kali ini merupakan kesempatan yang terunda. Seperti pepatah yang mengatakan, Namanya jodoh tak akan lari kemana-mana. Cepat atau lambat, akan melenggang ke pelaminan juga.

Terpilihnya Mahfud MD ibarat naik kelas dalam sebuah jenjang pendidikan. Ia naik kelas, tentu melewati semua tahapan ujian hidup.

Baca juga :