Pancasila Pemersatu Bangsa untuk Indonesia Raya

Oleh: Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Abidin Fikri. 
Rabu, 31 Mei 2023 17:11 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Setiap memasuki Bulan Juni, ingatan kita terpaut pada Pancasila dan Bung Karno. Tanggal 1 Juni 1945 patut kita refleksikan betapa Allah SWT begitu menyayangi Indonesia dengan memberikan anugerah dan petunjuk-nya kepada Bung Karno untuk dapat menyampaikan pidatonya yang maha penting di depan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) yang diketuai oleh dr. KRT. Radjiman Wedyoningrat.

Agenda sidang BPUPK sejak 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945 bukanlah sembarang agenda, bukan agenda yang sederhana dan mudah. Agenda sidang maha penting ini membahas tentang dasar negara Indonesia merdeka dalam nuansa pasca perang Asia Timur Raya. Mendapat giliran terakhir atau ke-40, Bung Karno terlebih dulu menegaskan pada awal pidatonya, bahwa dari semua pembicara sebelumnya, tak seorangpun telah menyampaikan pendapatnya tentang dasar Indonesia Merdeka sebagaimana diminta oleh Ketua sidang.

Pidato Bung Karno yang cukup panjang, penuh semangat berapi-api bukanlah pidato tertulis, melainkan secara langsung disampaikan dengan tutur sistematis, konseptual, spontan dan cermat. Pidato Bung Karno menguraikan lima prinsip dasar Indonesia merdeka yang disebut Pancasila.

Baca:Berikut 10 Fakta MenarikPancasila

Baca juga :