Pangan Gelorakan Nasionalisme Indonesia

Oleh: Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
Minggu, 23 Januari 2022 09:46 WIB Jurnalis - Hasto Kristiyanto

Jakarta, Gesuri.id - JAYA Suprana dalam perjalanan hidupnya yang begitu lengkap sebagai seorang pebisnis, pianis, seniman, dan kemudian menemukan keseluruhan panggilan hidupnya sebagai seorang budayawan, menyampaikan pernyataan yang begitu menarik tentang seni kuliner.

Baginya seseorang boleh saja piawai sebagai seniman, ataupun sebagai seorang yang begitu menjiwai seni lukis, seni suara, ataupun seni tari. Namun tanpa pemahaman terhadap seni kuliner, suatu seni yang begitu penting dan bersentuhan dengan kehidupan, berbagai seni yang ada tidaklah lengkap, tidak sempurna.

Baca:Hasto: Rayakan HUT Partai Megawati, Tanam Mangrove-Cemara

Apa yang disampaikan Jaya Suprana tersebut nampaknya sederhana, terlebih ketika disampaikan dengan nada candaan. Namun jika direnungkan lebih mendalam, seni kuliner ternyata penuh kedalaman makna. Seni kuliner menyentuh state of the art akan cita rasa. Seni kuliner hadir sebagai perpaduan pemahaman terhadap segala sesuatu hal yang berkaitan dengan makanan, gizi, protein, cita rasa, dan ketrampilan di dalam memadukan bumbu-bumbuan, hingga seni menampilkan aneka rupa makanan sebagai karya yang begitu menarik, hidup, dan menggugah selera.

Pernyataan Jaya Suprana dalam pemberian Rekor MURI atas pencaian rekor resep makanan dan festival kuliner Makanan Pendamping Beras dalam rangka Ulang Tahun PDI Perjuangan ke-49 tersebut ditanggapi Megawati Soekarnoputri dengan tawa penuh kegembiraan. Jaya Suprana ternyata mampu membahasakan dengan cara sederhana tentang pentingnya seni kuliner.

Baca juga :