PDI Perjuangan Beri Sinyal Kuat Puan Duduki Kursi Ketua DPR

Puan Maharani memang kader PDI Perjuangan yang paling berpeluang.
Senin, 13 Mei 2019 19:20 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - PDI Perjuangan memberi sinyal kuat kursi ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024 akan dipegang oleh salah satu kader terbaiknya yaitu Puan Maharani. Putri kandung Presiden RI ke lima ini dianggap memiliki legitimasi yang kuat untuk duduk sebagai Ketua DPR RI.

Baca:PDI Perjuangan Berhak JabatKetua DPRRI

Puan Maharani memang kader PDI Perjuangan yang paling berpeluang untuk menjadi Ketua DPR RI. Sesuai kententuan UU MD3, parpol pemenang pileg 2019 berhak menugaskan kadernya untuk menjadi Ketua DPR RI, ungkap Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Ahmad Basarah saat dihubungi Gesuri.id, Senin (13/5).

Basarah menyebutkan beberapa alasan mengapa Puan Maharani pantas menempati posisi ketua DPR RI menggantikan Bambang Soesatyo saat ini, salah satunya karena pengalamannya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) periode 2009-2019. Selain itu Puan juga pernah menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan 2009- 2014 dan sudah tiga periode menjadi Ketua DPP PDI Perjuangan.

Alasan lainnya, kata Basarah, karena Puan telah memcahkan rekor dengan memperoleh suara tertinggi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dengan perolehan tertinggi yaitu di atas 420 ribu suara di daerah pemilihan Jawa Tengah V.

Baca juga :