PDI Perjuangan Terapkan Spirit Bung Karno Hadapi Covid-19

Kepeloporan Bung Karno yang melahirkan seluruh konsepsi tentang dasar dan tujuan bernegara, pandangan hidup dan jiwa bangsa Indonesia.
Rabu, 27 Mei 2020 21:08 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan PDI Perjuangan menerapkan semangat Bung Karno dan spirit Pancasila dalam menghadapi Covid-19.

Juni menjadi bulan Bung Karno karena pada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat, kata Hasto Kristiyanto, Rabu (27/5).

Namun kegiatan tahun ini berbeda. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media, dengan Tema: Bung Karno Bapak Bangsa.

Tema tersebut mengangkat benang merah sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang di dalam setiap momentum penting, selalu hadir sosok Bung Karno.

Dimulai dengan menjadi anggota aktif Trikoro Darmo, yang kemudian menjadi Jong Java. Pendirian Perserikatan Nasional Indonesia yang kemudian berubah nama menjadi Partai Nasional Indonesia pada tanggal 4 Juli 1927. Pembentukan Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia, yang mencerminkan kuatnya semangat persatuan dan kesatuan para tokoh kemerdekaan sehingga di perhimpunan tersebut bergabunglah PNI, Partai Islam, Budi Utomo, Pasundan, Sarekat Sumatera, Perserikatan Selebes, kaum Betawi, dan lain-lain, ujar Hasto.

Baca juga :