Peringati Hardiknas, Pramono Kenang Pendidikan di Rumah

Pramono: Guru Bukan hanya guru di sekolah, tapi juga guru kehidupan di keluarga.
Kamis, 02 Mei 2019 22:40 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id - Sebagai anak seorang guru, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengaku dirinya selalu mengenang pendidikan yang dilakukan orang tuanya sejak kecil dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2019.

Guru Bukan hanya guru di sekolah, tapi juga guru kehidupan di keluarga, karena kebetulan bapak saya adalah guru, kata Mas Pram, panggilan akrab Pramono Anung, dalam wawancara di ruang kerjanya Gedung III Kemensetneg, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Seskab, pendidikan adalah sesuatu yang mempunyai value dalam kehidupan. Apa yang paling bermakna dari itu, ajaran yang sederhana yang diberikan oleh orang tua kepada dirinya misalnya sebagai contoh jangan pernah terlambat dengan waktu, artinyakan disiplin.

Saya termasuk orang yang hampir tidak pernah terlambat, lebih baik menunggu daripada terlambat, terang Seskab seraya menambahkan, sifat-sifat itu, karakter-karakter itu muncul pada pendidikan yang tidak hanya di sekolah, tapi pendidikan keseharian yang ada di rumah.

Karena itu, lanjut Seskab Pramono Anung, hari pendidikan ini jangan kemudian hanya diartikan di sekolah, karena pendidikan ada dimana-mana termasuk dalam kehidupan kita sehari-hari. Itulah makna esensi dari hari pendidikan, ujarnya.

Baca juga :