Pidato Megawati Beri Pesan Kuat untuk Kualitas Demokrasi

Pesan utamanya, partai politik bukan sekedar mobil rental bagi calon eksekutif maupun legislatif untuk menapak pada kursi kekuasaan.
Jum'at, 13 Januari 2023 14:30 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri dalam ulang tahun PDI Perjuangan ke-50 memberikan pesan-pesan politik yang kuat, padat dan bermakna mendalam bagi penguatan kualitas politik demokrasi di Indonesia. Pesan yang berakar mendalam pada tradisi politik progresif para pendiri bangsa yang terutama digariskan oleh Sukarno.

BacaPelaut Muda Marhein Yakobus Surono Komitmen Bangun Kampung

Pesan utamanya kalau ditafsirkan bahwa partai politik bukan sekedar mobil rental bagi calon eksekutif maupun legislatif untuk menapak pada kursi kekuasaan, namun partai adalah penyambung lidah rakyat Indonesia atau partai seharusnya memiliki bonding atau ikatan yang kuat dengan rakyat, ujar Airlangga Pribadi, dosen ilmu politik Universitas Airlangga (Unair), Jumat (13/1/2023).

Oleh karena itu dengan bahasa merakyat seperti dijelaskan oleh Megawai bahwa kalau salaman sudah sejiwa maka tidak terasa anyep. Sebagai manifestasi dari menyatunya interaksi rakyat dengan partai, maka politisi dalam lembaga politik baik eksekutif maupun legislatif maka partai memiliki tanggungjawab untuk mendampingi, memberi masukan, mengontrol bahkan memberikan koreksi dan teguran atas dasar garis ideologi yang disepakati dalam proses komitmen politik yang telah dibangun.

Baca juga :