Soal Kinerja Legislasi DPR RI, Eva: Saya Merasa Agak Galau 

Produk legislasi yang dihasilkan DPR RI baru mencapai 18 persen dari target prolegnas.
Kamis, 20 Juni 2019 09:50 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - PolitisiPDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengritik kinerja legislasi DPR RI dalam pembahasan ranvangan undang-undang (RUU) dan penyelesaiannya yang hingga saat ini dinilai masih lemah.

Kalau mencermati kinerja legislasi DPR RI, saya merasa agak galau. Karena sampai saat ini produk legislasi yang dihasilkan DPR RI baru mencapai 18 persen dari target prolegnas (program legislasi nasional) prioritas, kata Eva, baru-baru ini.

Untuk itu Eva mengusulkan agar DPR RI melakukan terobosan pembahasan dan penyelesaian RUU yang sudah terdaftar dalam prolegnas prioritas, untuk meningkatkan kinerja legislasi. Dalam sisa waktu selama tiga bulan ke depan hingga akhir masa tugas anggota DPR RI periode 2014-2019, hendaknya dapat meningkatkan persentasi realisasi produk legislasi, ujarnya.

Baca:Marak Bacaleg Lompat Partai PengaruhiKinerja DPR

Menurut Eva, jika bicara soal konsep parlemen modern maka harus didesain sedemikain rupa secara menyeluruh sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DPR RI, yakni pengawasan, budgenting, dan legislasi, sehingga outputnya baik. Bicara parlemen modern, maka perlu peningkatan kinerja secara kelembagaan DPR RI menyeluruh sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga DPR RI, katanya.

Baca juga :