RUU Sisnas IPTEK Diharapkan Bisa Perkuat Riset Nasional

Semangat RUU ini demi mengonsolidasikan program riset nasional & diharapkan bisa berkontribusi lebih bagi pembangunan dan kebijakan negara
Sabtu, 21 April 2018 23:42 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id - Rancangan Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (RUU Sisnas Iptek) diharapkan bisa menjadikan Riset sebagai rujukan dalam merumuskan kebijakan dan pembangunan nasional.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Khusus RUU Sisnas Iptek Daryatmo Mardiyanto yang juga Ketua Kelompok Komisi (Poksi) VII Fraksi PDI Perjuangan saat dihubungi, Sabtu (21/4/2018).

Untuk lebih lengkapnya, berikut wawancara Gesuri.id bersama Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan Jateng II itu terkait pandangannya sebagai Ketua Pansus RUU Sisnas Iptek, dan bagaimana merumuskan UU tersebut agar riset dan penelitian ditujukan pada kesejahteraan rakyat dan sebagai pilar negara berdikari.

Seperti apa Pansus RUU Sisnas Iptek memandang masa depan riset nasional kita?

Kita ingin bagaimana riset itu justru memperkokoh NKRI, dengan kemajuan teknologi, relasi sosial itu menjadi renggang dan itu harus diimbangi dengan sebuah penelitian bagaimana mengharmoniskan itu semua.

Baca juga :