Berkat Ganjar, Novensia Tak Takut Matikan Api LPG Bocor

"Ini momentum untuk inspirasi bagi siswa pendidikan kebencanaan bisa dilakukan dengan cepat dan sederhana,” ungkap Ganjar.
Kamis, 28 Februari 2019 22:16 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Demak, Gesuri.id Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terjun langsung dalam pelatihan penanganan kebencanaan di SMAN 2 Demak, Rabu (27/2). Bahkan, pria yang terkenal dengan rambut putihnya itu langsung memberi contoh memadamkan api dari tabung gas yang bocor.

Novensia Anouw, gadis yang berasal dari Dogiyai, Papua yang kini duduk di kelas X bersama rekan-rekannya mendapat pelatihan penanganan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI). Salah satu materinya, pemadaman api dari tabung gas bocor.

Baca: Ganjar: Sampaikan Informasi secara Lebih Luwes

Novensia beruntung mendapat giliran praktik pemadaman itu. Setelah mendapat arahan dari petugas BPBD, mula-mula dia canggung menggerakkan jari telunjuknya untuk menutup katup tabung gas. Karena ragu, api tetap menyembur dan hampir mengenai jari telunjuknya.

Melihat Noven yang ketakutan, namun instruktur menyakinkan jika dilakukan dengan benar tidak akan merasakan panas karena ada celah antara gas dan api, membuat Ganjar penasaran. Dia pun mendekati, langsung mencoba, dan berhasil.

Baca juga :