Bupati Anas Semangati Pelaku Usaha Wisata Indonesia Timur

Banyuwangi unggul dalam potensi alam dan budayanya.
Jum'at, 05 Oktober 2018 12:12 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Banyuwangi, Gesuri.id - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberikan motivasi pada 200 orang pelaku wisata Indonesia bagian timur bagaimana membangun daerah wisata mulai dari nol.

Baca:PariwisataBerkelanjutan Banyuwangi alaBupati Anas

Dia membagikan pengalaman awal memimpin Bumi Blambangan dalam pembukaan acara rapat koordinasi teknis pengembangan destinasi pariwisata regional III di ballroom Hotel Aston Banyuwangi selama 3 hari, mulai Rabu (3/10).

Anas mengatakan, awal kepemimpinannya di Banyuwangi pada periode pertama tahun 2010, kondisi Banyuwangi masih menjadi daerah transit Jawa-Bali. Akses darat jalur selatan maupun utara harus melalui wilayah hutan, tidak ada penerbangan, rute transportasi laut resmi hanya penyeberangan Selat Bali dan Tanjung Wangi untuk kapal perintis.

Dia juga mengatakan, Banyuwangi tidak mungkin mengandalkan industri manufaktur karena pasti akan kalah dengan Gresik dan Surabaya di tingkat Provinsi Jawa Timur. Sehingga dengan potensi alam dan budaya Banyuwangi, dia pilih pariwisata sebagai sektor utama yang dikembangkan daerah di ujung timur Pulau Jawa itu.

Baca juga :