Ganjar Kolaborasikan Peternak dan Perguruan Tinggi Kembangkan Domba Batur

Ganjar: Di Dieng lagi dikembangkan domba Batur, dan ada hasil yang cukup bagus.
Minggu, 24 September 2023 23:59 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Banjarnegara, Gesuri.id - Capres Ganjar Pranowo mengatakan saat ini pengembangan domba Batur berjalan dengan baik. Para petani mendapat pendampingan dari sejumlah perguruan tinggi.

Jadi, di Dieng lagi dikembangkan domba Batur, dan ada hasil yang cukup bagus. Ternyata beberapa kelompok tani, wanita tani, peternak, didampingi salah satunya IPB (Institut Pertanian Bogor), dan hasilnya bagus. Kandungan dagingnya sudah dijelaskan oleh IPB, ujarnya saat berbincang dengan 450 petani, petani milenial dan kelompok wanita tani (KWT) Banjarnegara, di Pendapa Soeharto Whitlam, Dieng, Banjarnegara, yang juga diisi dengan dialog soal inseminasi buatan dan pengembangan domba Batur.

Baca:Ganjar Pranowo: Soal Cawapres Masih Diskusi

Inseminasi buatan (IB) adalah proses memasukkan air mani beku (spermatozoa) yang telah dicairkan, yang berasal dari ternak jantan unggul, ke dalam saluran alat reproduksi betina, sehingga mampu meningkatkan mutu genetik hewan ternak dalam waktu singkat, dan menghasilkan anakkan berkualitas dalam jumlah banyak, menggunakan bantuan manusia dan alat khusus yang disebut insemination gun.

Ditambahkan, di Dieng bukan hanya beternak secara tradisional, tapi juga modern. Tinggal para peternak diberikan pendampingan secara maksimal.

Baca juga :