Ganjar Minta BRIN dan BRIDA Bantu Petani Porang, Investasi Olahan Ditambah

Ganjar mendorong agar investasi di bidang produksi olahan porang ditambah.
Jum'at, 22 September 2023 12:35 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Capres Ganjar Pranowo mendorong para petani mengembangkan industri porang, serta BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dan BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah) atau lembaga riset lainnya dapat dilibatkan. Ganjar juga mendorong agar investasi di bidang produksi olahan porang ditambah.

Apalagi mereka sudah mematenkan produk itu. Hari ini orang yang tanam porang lagi nangis karena harganya jatuh, lagi euforia porang kan sekarang. Maka saya dorong agar ada orang yang nanti menanamnya iya, prosesingnya iya, nah sekarang jualnya, ungkap Ganjar, sambil mengapresiasi keuletan petani porang yang tergabung dalam Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS).

Selain bisa membuat panganan dari porang, para petani yang ditemui Ganjar kala menyambangi di Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, itu juga berhasil mencipta teknologi sederhana untuk menghilangkan efek gatal dari porang.

Mereka bahkan telah mampu mengolah porang jadi berbagai macam produk turunan.

Jadi dari ujicoba sejak tiga tahun ini kawan-kawan menanam dan memproses. Bahkan yang sering jadi problem karena (porang) itu gatal ternyata sudah ada teknologinya dengan cara ekstraksi. Ternyata ditemukan di sini, petani sendiri yang membuat metode itu. Ini cara basah, ini cara kering, katanya.

Baca juga :