Ganjar soal Harga Beras Masih Tinggi: Harus Cepat Diantisipasi!

Ganjar Pranowo mewajarkan adanya kenaikan harga beras akhir-akhir ini. Menurutnya kondisi ini memang biasa terjadi pada musim kemarau
Selasa, 26 September 2023 12:45 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id- Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo mewajarkan adanya kenaikan harga beras akhir-akhir ini. Menurutnya kondisi ini memang biasa terjadi pada musim kemarau, khususnya tahun ini akibat El Nino.
Meski demikian, Ganjar menilai pemerintah juga perlu dengan cepat menanggapi permasalahan ini, mengingat beras merupakan salah satu komoditas pokok untuk masyarakat Indonesia.

Kalau harga beras hari ini (tinggi), lagi musim kemarau ya, jadi siklusnya seperti itu. Tapi rasanya memang harus cepat diantisipasi ya, kata Ganjar saat ditemui di Menara Bank Mega, Jakarta, Senin (25/9).


Menurutnya salah satu cara menangani permasalahan ini adalah dengan mendorong adanya diversifikasi pangan. Menurutnya pemerintah secara aktif perlu mendorong masyarakat agar tidak bergantung pada satu komoditas saja, yang dalam hal ini beras.

Tentu juga diversifikasi pangan ya, sehingga kita tidak hanya bergantung pada single komoditas (beras), tapi kita bisa mengerti bahwa sumber pangan kita itu banyak dari darat maupun laut, ungkapnya.

Pak Mentan atau Kementerian Pertanian bisa melakukan itu (diversifikasi pangan) dan harus melakukan itu, jangan sampai kemudian kita lengah sehingga kita kurang siap kan posisinya bahaya, tambah Ganjar.

Baca juga :