Gubernur Bali Hadiri Puncak "Karya Panca Wali Krama"

Ritual ini sejalan dengan visi "Nangun Sat Kertih Loka Bali" yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali.
Senin, 21 Januari 2019 10:14 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Amlapura, Gesuri.id - Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri puncak ritual Karya Panca Wali Krama di Pura Lempuyang, Kabupaten Karangasem, yang baru digelar kembali setelah sempat dilaksanakan ratusan tahun lalu.

Artinya kita yang hidup sekarang ini bersyukur bisa mengikuti acara ini. Tidak semua bisa. Yang ikut apalagi bisa beryadnya (mempersembahkan) itu sesuatu yang mulia dan sangat bermakna bagi Bali, kata Koster saat menghadiri ritual tersebut di Pura Lempuyang, Amlapura, Minggu (20/1).

Baca: Koster Inginkan Bali Mandiri Energi Ramah Lingkungan

Ritual di pura tersebut, lanjut dia, sejalan dengan visi Nangun Sat Kertih Loka Bali yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama (warga) dan gumi (daerah) Bali yang sejahtera dan bahagia, baik sekala (jasmani/fisik) maupun niskala (rohani atau spiritual).

Upacara ini menurut Koster merupakan bagian penting untuk menjaga keseimbangan antara manusia dengan alam, manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan) dan manusia dengan manusia lainnya atau yang dikenal dengan filosofi Tri Hita Karana.

Baca juga :