Mantan TKI Diberdayakan jadi Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Adalah Udin, pengusaha muda sukses asal Gembong, Pati yang merupakan pembudidaya jamur tiram binaan Anggota DPR Imam Suroso
Senin, 18 Juni 2018 23:57 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Pati, Gesuri.id - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Imam Suroso mengatakan, masyarakat harus diberikan sosialisasi agar tidak ada lagi yang jadi pekerja migran ilegal di negara lain. Selain itu, ia berharap para TKI yang sudah pulang ke tanah air, agar bisa diarahkan menjadi entrepreneur dengan pengalamannya di luar negeri.

Hal itu disampaikan dia saat Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Kabupaten Pati, Jawa Tengah beberapa waktu lalu yang bekerjasama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Imam dalam paparannya mengingatkan masyarakat di Daerah Pemilihannya (Dapil) yang relatif banyak menjadi TKI di luar negeri. Imam bersama BNP2TKI memberikan kiat bagaimana peluang kerja di luar negeri yang dan migrasi yang aman.

Kami kerjasama dengan mitra kerja dari Komisi 9 DPR RI, BNP2TKI untuk menyampaikan sosialisasi agar pekerja migran kita aman terselamatkan dan tidak ilegal. Sosialisasi seperti ini memang kita dalam Raker dengan BNP2TKI, harus sering diadakan, urai Imam.

Dalam sosialisasi itu, Imam juga menyerap aspirasi apa saja kendala masyarakat dalam mengurus penempatan dan bagaimana mendapatkan perlindungan sebagai TKI, untuk disampaikan ke pusat apa saja yang menjadi keluhan dan aspirasi mereka.

Baca juga :