Partai Modern, PDI Perjuangan Tak Tinggalkan Elan Kerakyatan

Kurang lebih 10 tahun belakangan, partai ini bertransformasi menjadi partai modern, tanpa meninggalkan ideologi atau khittahnya.
Rabu, 04 Januari 2023 11:20 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Partai berlogo Banteng PDI Perjuangan bakal menggelar HUT Partai ke-50 di Jakarta, bertemakan: Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam, dengan Sub Tema: Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya. Di hari ulang tahun emas ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir.

Baca:PDI Perjuangan Contoh Nyata Partai Profesional Modern

Terkait itu, Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama, Ari Junaedi menyoroti PDI Perjuangan yang akan memasuki usia ke-50 punya posisi berbeda. Kurang lebih 10 tahun belakangan, partai ini bertransformasi menjadi partai modern, tanpa meninggalkan ideologi atau khittahnya sebagai partai Wong Cilik.

Menurut saya dari semua partai politik, hanya PDI Perjuangan yang menunjukkan marwahnya sebagai partai modern tapi tidak meninggalkan elan dia, elan partai sebagai partai kerakyatan, kata Ari kepada waratawan, Rabu (4/1/2023).

Menjadi partai modern bukan ujug-ujug dilakukan. Jalan panjang partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri ini sudah teruji, sejak melawan rezim otoriter Orde Baru sampai menjadi oposisi pasca reformasi. Doktor Komunikasi Politik bahkan menilai, perpolitikan di Tanah Air menjadi berwarna sejak PDI Perjuangan berada di pemerintahan dan menempatkan banyak kadernya memimpin eksekutif dan legislatif.

Baca juga :