Pemimpin Dikenal Karena Gagasannya, Bukan Kemewahannya

Banyak tokoh pemimpin yang memiliki gagasan luar biasa, hingga dapat menghantarkan Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan.
Minggu, 01 Mei 2022 19:54 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Cendikiawan Muslim Muhammadiyah Dr. Sukidi menyebutkan Indonesia memiliki banyak tokoh pemimpin yang memiliki gagasan luar biasa, hingga dapat menghantarkan Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan. Dibalik kehebatan gagasan yang dimiliki, mereka memiliki latar belakang kehidupan yang sangat sederhana.

Baca:Hubungan Luhut Binsar Dengan PT Mayora Harus Dicek Cermat

Hal tersebut disampaikan Dr.Sukidi dalam serial inspirasi Ramadan bertajuk Menghormati Jasa Pendiri Bangsa dalam Persepektif Islam yang ditayangkan di akun youtube BKN PDI Perjuangan, yang dipandu oleh Amithya Ratnanggani Sirraduhita, SS.

Dr. Sukidi menceritakan jiwa sederhana yang dimiliki oleh para pendiri bangsa merupakan jalan yang dipilih untuk menjiwai penderitaan rakyatnya Dibalik luar biasanya gagasan dan pemikiran yang dimiliki oleh para pendiri bangsa ini. Mereka semua memiliki kesederhanaan yang luar biasa. Bahkan Bung Karno pernah bilang, akulah satu-satunya presiden yang tidak memiliki rumah. Bukan hanya Bung Karno, Agus Salim salah satu tokoh besar yang hidupnya melarat. Hidupnya selalu berpindah dari kontrakan ke kontrakan lainnya, walaupun sebenarnya Agus Salim mau berkehidupan lebih dari cukup, itu bisa. Hal itu karena, ia menjiwai jalan memimpin adalah jalan penderitaan, ujar Dr. Sukidi, seperti dalam keterangannya, Minggu (1/5).

Baca juga :