Persatuan Kunci untuk Keselamatan Bangsa

Bentang sejarah di Tanah Air membuktikan bahwa persatuan nasional melahirkan peristiwa-peristiwa besar.
Selasa, 06 November 2018 18:12 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Malang, Gesuri.id - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menekankan pentingnya persatuan nasional sebagai kunci menjaga keselamatan bangsa.

Basarah menegaskan bahwa bangsa Indonesia bisa lepas dari cengkraman penjajah dan memproklamasikan kemerdekaanya pada 17 Agustus 1945 tidak lain karena bangsa Indonesia bersatu padu dan tidak mau dipecah belah Belanda lagi dengan politik devide et imperanya.

Baca:Panduan Lima Hijrah Jokowi Sesuai dengan Visi-Misi

Bentang sejarah di Tanah Air membuktikan bahwa persatuan nasional melahirkan peristiwa-peristiwa besar. Sebut saja kebangkitan nasional tahun 1908, Kongres Pemuda Pertama dan Kedua pada tahun 1926 dan 1928 hingga Proklamasi tahun 1945. Bahwa pemudalah yang menjadi pelopor persatuan nasional, kata Basarah saat memberikan kuliah umum dalam acara Peringatan 90 Tahun Sumpah Pemuda, bertajuk Implementasi Nilai-Nilai Sumpah Pemuda di Era Milenium di Universitas Brawijaya, Senin (5/11) bersama Menpora Imam Nahrowi dan Dosen UB Ali Safaat.

Wasekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melanjutkan bahwa upaya menggalang Persatuan Nasional terlihat jelas ketika Bung Karno pada tahun 1927 mendirikan PNI dan tokoh-tokoh NU mendirikan NU tahun 1926, dan berdirinya Muhammadiyah tahun 1912 .

Baca juga :