Tangani Anak Berkebutuhan Khusus, Ini Cara Risma

Farel, anak berkebutuhan khusus yang menderita banyak kelainan.
Minggu, 12 Agustus 2018 22:17 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Surabaya, Gesuri.id - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membentuk tim khusus untuk menangani dan mengobati Farel, anak berkebutuhan khusus yang menderita banyak kelainan. Ternyata penyakitnya bermacam-macam. Ada kelainan jantung, hiperaktif, autisme, dan ada masalah juga pada matanya, kata Risma seusai menggelar pertemuan dengan tim khusus di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Baca:Hilangkan Traumatik, Risma Kirim Psikolog Anak ke Lombok

Risma menjelaskan keluarga Farel berasal dari keluarga yang kurang mampu. Karena itu, dia meminta petugas Dinas Kesehatan segera membawa anak berusia 8 tahun itu ke RSUD Dr. Soewandhie untuk dilakukan pemeriksaan awal. Risma juga meminta petugas kesehatan membentuk tim dokter dalam menangani Farel.

Risma mengingatkan agar penanganan terhadap Farel dilakukan lebih baik dan segera agar kasus serupa seperti Muhammad Hilbram atau Ibam tidak terulang. Lantaran terlambat ditangani, kini Ibam menjadi tunanetra dan melanjutkan pendidikan di salah satu sekolah disabilitas di Surabaya.

Sekarang tim sudah dibentuk. Kita harus berusaha dulu, nanti persoalan hasilnya di tangan Tuhan, bukan saya lagi, kata Risma. Saya wajib menyelamatkan anak ini karena saya sudah tahu. Tim inilah nanti yang akan membantu Farel. Tim khusus tersebut terdiri dari berbagai dokter spesialis, di antaranya dokter spesialis mata, dokter anak, dokter anestesi, psikiatri, psikolog.

Baca juga :