Afzan Arslan: Koperasi Soko Guru & Poros Pemulihan Ekonomi

Di tengah pandemi Covid-19, peran koperasi sangat penting guna membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Sabtu, 13 November 2021 08:50 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Kota Pekalongan, Gesuri.id -Politisi PDI Perjuangan yang juga Walikota Pekalongan H.A Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan koperasi sebagai soko guru harus selalu ada dan berkembang, berinovasi, serta berkreasi menjadi poros pemulihan ekonomi di tengah masa pandemi.

Baca:Prasetyo Pertanyakan Pinjaman Rp 2,8 T Untuk Formula E

Selama pandemi ini yang menjadi salah satu tugas Kabag Pembiayaan Koperasi ini memang cukup berat, angka kredit bermasalah alias Non Performing Loan (NPL) nya pasti naik. Bahkan, salah satu dari lima besar koperasi di Kota Pekalongan NPL nya sampai 50 persen pasca pandemi ini. Ini sangat luar biasa, tetapi melihat riil di lapangan kasusnya memang seperti ini, tutur Aaf panggilan akrab Walikota Pekalongan di sela-sela kunjungan ke tempat pelatihan di Hotel Dafam, Kamis (11/11).

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, peran koperasi sangat penting guna membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terutama, guna menyalurkan program bantuan atau kredit untuk permodalan mereka. Pasca kasus pandemi Covid-19 di Kota Pekalongan yang telah melandai, Pemkot Pekalongan fokus pada program vaksinasi dan pemulihan ekonomi.

Baca juga :