Andreas Minta Panglima dan KSAD Jangan Terpancing 

Hal ini terkait pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo soal nonton bersama film G30S/PKI.
Jum'at, 21 September 2018 14:45 WIB Jurnalis - Imanudin

Jakarta, Gesuri.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira berharap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono tidak terpengaruh dengan pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo soal nonton bersama film G30S/PKI.

Andreas tidak mempermasalahkan jika ada pihak tertentu yang ingin kembali menonton film tersebut. Namun ia merasa mobilisasi massa untuk menggelar acara nonton bersama film yang disutradarai Arifin C. Noer tidak perlu dilakukan TNI.

Baca:Presiden:TNI-Polri Harus Terus Ikuti Perkembangan Zaman

Kalau Panglima dan KSAD harus memobilisasi prajuridnya untuk menonton film G30S PKI, rasanya berlebihan. Panglima dan KSAD tidak perlu terprovokasi dengan ungkapan-ungkapan Pak GN (Gatot), kata Andreas, di Jakarta, Jumat (21/9).

Selain itu, Andreas melihat dalam era demokrasi yang terbuka tidak perlu lagi ada perintah untuk menonton film tertentu. Perintah itu malah dianggap menunjukkan penyuruhnya masih belum lepas dari era otoritarianisme.

Mereka yang berpikir untuk memaksa, sebenarnya bukti pribadi yang bersangkutan masih ada dalam keterkungkungan alam otoritarianisme, ujarnya.

Baca juga :