Basarah Tekankan Pentingnya Pembangunan Mental Bangsa

Bung Karno: Basarah Tekankan Pentingnya Pembangunan Mental Bangsa.
Rabu, 30 Oktober 2019 16:22 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menegaskan pembangunan nasional tidak hanya bertumpu pada pembangunan fisik semata.

Hal itu sebagaimana dikatakan Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Bung Karno dalam pidatonya pada hari ulang tahun Republik Indonesia 17 Agustus 1966 yang dengan gamblang menjelaskan bahwa hal pertama yang harus dibangun adalah membangun jiwa, atau mental bangsa Indonesia.

Baca:Wamen Pendidikan Kebudayaan Diisi Tokoh Akademis Ideologis

Tentu saja keahlian perlu. Tetapi keahlian saja tanpa dilandaskan pada jiwa bangsa yang besar dan kokoh, maka suatu bangsa itu tidak akan mencapai tujuannya. Inilah perlunya, sekali lagi, mutlak perlunya pembangunan karakter bangsa/nation and character building, ujar Ahmad Basarah dalam keterangan tertulis, Selasa (29/10).

Basarah pun menguraikan pentingnya pendidikan bagi bangsa Indonesia. Menurutnya, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu cita-cita proklamasi yang termaktub jelas pada alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Baca juga :