Dana Desa Ubah Potensi Jadi Kekuatan Ekonomi

Presiden berharap Dana Desa dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan penggarapan potensi desa.
Senin, 26 November 2018 06:01 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Palembang, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo menginginkan Program Dana Desa dalam pelaksanaan selanjutnya mampu mengubah berbagai potensi desa menjadi kekuatan ekonomi.

Selain infrastruktur, dana-dana itu bisa digunakan untuk membangun misalnya pariwisata di desa. Sekarang banyak orang kota yang kepingin melihat desa lagi seperti apa, kata Presiden Jokowi dalam acara Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 di Palembang Sport and Convention Center, Sumatera Selatan, Minggu (25/11).

Baca: Presiden Jokowi Tonggak Masa Depan Politik Indonesia

Kebijakan dana desa, dalam tahapan-tahapan selanjutnya, diharapkan tidak semata untuk pembangunan infrastruktur saja. Presiden berharap Dana Desa dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan penggarapan potensi desa.

Kepala Negara mengatakan Dana Desa juga mesti digunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di pedesaan. Salah satunya dengan memanfaatkan dana desa untuk menanggulangi masalah gizi buruk dan gagal tumbuh atau stunting yang ada di desa-desa.

Baca juga :