Di Perancis, Risma Ungkap Keberhasilan Pengelolaan Sampah

"Saat ini kami memiliki lebih dari 500 fasilitator dan lebih dari 30.000 kader lingkungan," kata Risma.
Minggu, 16 Juni 2019 10:31 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Surabaya, Gesuri.id - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkap keberhasilan Kota Surabaya, Jawa Timur, mengelola sampah saat menjadi pembicara dalam forum internasional, World Materials Forum (WMF) di Kota Nancy, Perancis, Jumat (15/6).

Kalau sampah organik dikelola menjadi kompos, baik di tingkat rumah tangga maupun di pusat pembuatan kompos yang kami bangun. Kompos itu dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman masyarakat dan mendukung program pertanian perkotaan, kata Wali Kota Surabaya Risma yang disampaikan melalui siaran pers Humas Pemkot Surabaya, Sabtu (15/6).

Dalam forum yang dihadiri oleh para pakar, praktisi, akademisi, pemerintah, dan sektor swasta itu, Risma memaparkan tentang pengelolaan sampah dan daur ulang sampah plastik yang sukses dilakukan di Kota Surabaya.

Baca: Risma Minta Warganya Tak Gunakan Medsos untuk Hoax

Pada kesempatan itu, Risma menyampaikan bahwa beberapa tahun lalu, Surabaya yang berpenduduk 3,3 juta orang menderita masalah besar dalam pengelolaan sampah, karena tempat pembuangan sementara ditutup oleh warga, sehingga menyebabkan sampah menyebar ke seluruh kota dan menyebabkan bau.

Baca juga :