Digitalisasi Pelayanan Publik Tanggulangi Kemiskinan

Digitalisasi pemerintahan menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang bakal berujung ke peningkatan kesejahteraan.
Rabu, 18 Januari 2023 13:30 WIB Jurnalis - Haerandi

Bogor, Gesuri.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan digitalisasi pemerintahan menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang bakal berujung ke peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca:Hasto Bangun Imajinasi Masa Depan Indonesia Berteknologi

Untuk itu pemerintah, lanjutnya, berusaha mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menyentuh banyak program, seperti digitalisasi pelayanan publik, penanggulangan kemiskinan, penurunan angka stunting, hingga peningkatan investasi.

Penerapan SPBE itu dijabarkan Menteri Anas pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023, yang digelar Kementerian Dalam Negeri di Sentul, Kabupaten Bogor, Selasa (17/01). Digitalisasi ini menjadi salah satu jalan kita untuk mepercepat pencapaian tujuan pembangunan nasional yaitu menyejahterakan masyarakat Indonesia, jelas Menteri Anas.

Teknologi digital menciptakan adanya bank data dan percepatan proses pelayanan. Salah satu produk utama birokrasi yang bisa diukur dan dirasakan langsung adalah pelayanan publik. Untuk itu, Menteri Anas meminta seluruh jajaran pemerintah daerah mengintegrasikan seluruh layanan milik kabupaten, kota, serta provinsi.

Baca juga :