Ganjar Jadikan Cilacap 'Pilot Project' Kapal Listrik, Dorong Transisi Energi

Itu dibuktikan dengan menjadikan Cilacap sebagai proyek percontohan kapal berbahan bakar listrik berbasis baterai.
Jum'at, 15 September 2023 20:10 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Cilacap, Gesuri.id -Capres Ganjar Pranowo terus menggenjot program transisi energi saat menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah. Tak hanya di darat, Ganjar juga menginisiasi program ramah lingkungan di sektor kelautan dan perikanan.

BacaGanjar Pranowo Bukanlah Pemimpin Retorika

Hal itu dibuktikan dengan menjadikan Cilacap sebagai proyek percontohan kapal berbahan bakar listrik berbasis baterai. Menggandeng PLN dan perusahaan teknologi terkemuka, Ganjar mengajak nelayan Cilacap mengganti motor berbahan BBM ke mesin listrik berbasis baterai.

Peluncuran program itu dilakukan Ganjar di Pantai Teluk Penyu Cilacap pada Jumat (11/8/2023). Dalam kesempatan itu, Ganjar memberikan bantuan mesin kapal berbahan listrik kepada sejumlah nelayan. Selain itu, bantuan lain juga diberikan antara lain hibah alat penangkapan ikan senilai Rp1,6 miliar, asuransi nelayan senilai Rp1 miliar, dan bantuan lainnya.

Kita harus berani mengambil tindakan cepat, apa itu mengubah energi menjadi energi ramah lingkungan. Hari ini produk-produknya sudah jadi, sekarang yang perlu dilakukan adalah eksekusi, kata Ganjar.

Baca juga :