Gelar Bimtek, Vita Ervina Ajak Para Petani Ikut Asuransi Pertanian

Asuransi pertanian adalah asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas resiko gagal panen akibat kondisi alam yang tidak menentu.
Senin, 31 Juli 2023 21:05 WIB Jurnalis - Haerandi

Purworejo, Gesuri.id - Vita Ervina, S.E., M.B.A, Anggota Komisi IV DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Tengah VI mengatakan banyak petani yang belum mengetahui adanya asuransi pertanian. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi para petani itu sendiri disaat mengalami gagal panen. Padahal pemerintah sudah menggelontorkan dana yang sangat besar untuk asuransi pertanian, namun fasilitas tersebut belum banyak yang dimanfaatkan oleh para petani.

Baca;Adian: Tak Ada Alasan Jokowi untuk Tidak Mendukung Ganjar

Diketahui, asuransi pertanian adalah asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas resiko gagal panen akibat kondisi alam yang tidak menentu. Program asuransi petani ini diinisiasi oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani yang banyak mengalami kendala gagal panen.

Pertanian merupakan sektor yang berisiko karena sangat bergantung pada kondisi alam. Kekeringan, curah hujan terlalu tinggi, hingga serangan hama penyakit dapat merusak komoditas tanaman yang sedang berkembang. Tentu saja hal ini menjadi masalah besar pada era saat ini, dimana kondisi alam sudah tidak lagi bisa diprediksi, ujar Vita Ervina, S.E., M.B.A, anggota Komisi IV DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Tengah VI (Kota Magelang, Kab. Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan Purworejo), saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema Manfaat Penggunaan KUR dan Asuransi Pertanian serta Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan, Senin (24/7) di Aula Hotel Plaza Kabupaten Purworejo.

Dengan diadakan bimtek ini, Vita (sapaan akrab Vita Ervina) berharap para peserta bimtek yang semuanya adalah petani dan Penyuluh dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo, mendapatkan pemahaman tentang pentingnya program asuransi pertanian dan tergerak untuk mengikutinya, juga dapat menularkan informasi yang diperolehnya kepada para tetangga dan juga kepada para petani yang lain.

Baca juga :