Ini Kata Mahasiswa S3 Unhan Soal Pengembangan Pertahanan

Aspek pertahanan negara menjadi sektor utama dalam menentukan kedigdayaan suatu bangsa.
Sabtu, 14 November 2020 15:55 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Mahasiswa Doktoral Unhan yang juga Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menekankan aspek pertahanan negara menjadi sektor utama dalam menentukan kedigdayaan suatu bangsa di mata dunia. Sebab, ancaman terhadap kedaulatan sebuah negara, termasuk Indonesia, merupakan hal nyata.

Tak hanya Hasto, sejumlah mahasiswa doktoral Universitas Pertahanan (Unhan) menilai perlunya mengevaluasi secara terus-menerus pertahanan negara dari berbagai aspek.

Baca:Hasto: Pertahanan Indonesia Harus Jadi Perhatian Serius

Laksamana Pertama Suharto mengingatkan pentingnya karakter bangsa maritim. Sejak awal pendiri bangsa telah menggariskan bahwa Indonesia adalah bangsa maritim, hal itu didukung pula dengan letak geografis Indonesia. Menurut Suharto generasi muda penting untuk dikenalkan secara masif kepada laut.

Harapan kita, karena kita sudah mengatakan kita negara maritim, ya, kita harus memberikan banyak kesempatan kepada generasi muda untuk ke laut. Gimana caranya, ya, kapalnya ditambah, kata Suharto saat kunjungan mahasiswa doktoral Unhan ke KRI Makassar yang tengah bersandar di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (14/11).

Baca juga :