Jokowi: Predikat ‘Layak Investasi’ untuk Dongkrak Investasi

Pada tahun 2017, Indonesia sudah masuk ke dalam peringkat layak investasi
Kamis, 14 Maret 2019 23:16 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Serpong, Gesuri.id Presiden Joko Widodo menyampaikan dalam dua-tiga tahun terakhir telah banyak kemajuan dalam mendorong investasi di Indonesia yang bisa dilihat dari peringkat investasi Indonesia yang terus membaik.

Ia mencontohkan pada tahun 2017, Indonesia sudah masuk ke dalam peringkat layak investasi dari tiga lembaga pemringkat internasional, yaitu Standard and Poors, Moodys Investor Service, dan Fitch Ratings.

Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan dalam acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2019. Presiden juga menyebutkan bahwa pada tahun 2018 Indonesia merupakan destinasi investasi terbaik keempat di dunia berdasarkan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Ini modal besar, dua tadi: ratingnya, kemudian survei untuk CEO-CEO perusahaan multinasional, mengatakan Indonesia adalah nomor empat paling menarik bagi investasi, kata Presiden di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Seprong Damai (BSD), Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (12/3).

Meskipun demikian, Presiden mengungkapkan bahwa untuk urusan ekspor dan investasi, Indonesia sudah ditinggal oleh negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, hingga Vietnam. Kita tidak mau lagi ditinggal oleh yang namanya nanti Kamboja, Laos, enggak lah, ucap Kepala Negara.

Baca juga :