Junimart Kritisi Adminduk Yang Perlu Banyak Perbaikan

Junimart Girsang mengkritisi banyak data administrasi kependudukan (adminduk) di negara ini yang harus diperbaiki. 
Sabtu, 27 Maret 2021 23:40 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Yogyakarta, Gesuri.id - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengkritisi banyak data administrasi kependudukan (adminduk) di negara ini yang harus diperbaiki.

Contohnya, masih adanya warga yang meninggal dunia, namun masih terdata di adminduk. Termasuk adanya temuan warga yang berstatus duda, namun terdaftar menikah. Junimart menilai temuan-temuan tersebut dapat diminimalisir jika terdapat korelasi dan koordinasi yang baik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Baca:JunimartBeberkan Ada Oknum Kepala Daerah Berbuat Curang

Bagaimana juga tentang status identitas anak-anak. Ini masih belum berjalan dan disosialisasikan kepada rakyat Indonesia, sementara data ini sangat penting. Tidak akan mungkin terjadi penyimpangan data kependudukan apabila instansi lain berkorelasi dan berkomunikasi dengan Dukcapil setempat dimana data ditemukan. Tapi sesungguhnya, tidak perlu ada kelalaian data penduduk, jika mereka betul koordinasi dengan Dukcapil, kata Junimart memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Panja Adminduk Komisi II DPR RI ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (25/3).

Baca juga :