Kader PDIP di Senayan Usul Anggaran BMKG & Basarnas Ditambah

Legislator PDI Perjuangan Usul Anggaran BMKG dan Basarnas Ditambah
Jum'at, 06 April 2018 20:19 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri. id - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sadarestuwati mengusulkan adanya penambahan anggaran untuk Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas). Kedua badan tersebut selama ini dianggap sebelah mata, padahal perannya sangat penting dalam mengantisipasi bencana alam.

Kita perlu menyamakan persepsi dan mendukung kedua badan ini, karena selama ini kita masih memandang sebelah mata kedua badan tersebut. Hari ini saya minta kita samakan persepsi dan pikiran kita bahwa kedua badan ini berperan penting, ungkap Sadarestu dalam RDP Komisi V DPR RI dengan BMKG dan Basarnas dengan agenda Potensi Gempa Bumi Megathrust serta Antisipasinya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Baca: BMKG Diminta Tambah Anggaran Sekolah Lapang Iklim

Ia memaparkan, wilayah Indonesia yang terletak di Ring of Fire menjadikan Indonesia sebagai salah satu kawasan paling aktif gempa bumi di dunia, sehingga BMKG dan Basarnas dinilai perlu meningkatkan intensitas sosialisasi, simulasi gempa bumi serta pelatihan potensi SAR kepada masyarakat. Menurutnya, hal tersebut tentu membutuhkan dukungan anggaran guna memperkuat mitigasi bencana di Indonesia.

Tak hanya itu, sambungnya, penambahan anggaran diperlukan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang bersertifikasi serta pemuktahiran peralatan dan peralatan pendukungnya.

Baca juga :