Kereta Barang di Sumbar Bisa Ringankan Beban Perawatan Jalan

Wilayah seperti Sumbar, yang lalulintas orangnya belum terlalu padat, lebih baik mengaktifkan kereta transportasi untuk SDA dan hasil hutan
Sabtu, 21 April 2018 23:56 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Alex Indra Lukman mendorong Pemerintah untuk mengaktifkan kereta barang di Sumatera Barat, ketimbang transportasi kereta untuk manusia.

Saya sudah mengusulkan dalam beberapa kali di rapat Komisi, dan sekarang sudah berjalan pengerjaannya, untuk wilayah seperti Sumatera Barat, yang lalu lintas orangnya belum terlalu padat, maka lebih baik mengaktifkan kereta transportasi untuk sumber daya alam dan sumber daya hutan, ujar Alex saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dijelaskan dia, daripada transportasi kereta untuk orang, yang menurutnya perlintasan kereta di sana masih banyak yang harus dibenahi. Dan kerap terjadi kecelakaan kereta karena minimnya sarana prasarana penunjang perlintasan kereta.

Ketika kereta itu melintas, maka sesuai Peraturan Perundang-Undangan, seluruh sarana dan prasarana itu harus dilengkapi, ucap Alex.

Namun faktanya, kata dia, banyak perlintasan sebidang di Sumatera Barat yang hampir seluruhnya itu tidak ada pintu perlintasannya. Ditambahkan Bendahara Fraksi PDI Perjuangan ini, yang paling krusial ketika rel kereta itu sudah lama tidak dilalui, di kiri kanannya itu sudah muncul pemukiman.

Baca juga :