KTT ke-43 ASEAN, Puan Singgung Pentingnya Sinergitas Parlemen-Pemerintah

KTT ke-43 ASEAN dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).
Selasa, 05 September 2023 14:20 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta. Ia pun menekankan pentingnya sinergitas Parlemen dan Pemerintah di kawasan Asia Tenggara dalam menghadapi situasi dan tantangan global.

BacaPuan Temui Jokowi Usai Bertemu Gibran, Ada Apa?

KTT ke-43 ASEAN dibuka pagi ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Konferensi tertinggi di ASEAN itu diselenggarakan sejak tanggal 5 hingga 7 September mendatang.

Situasi dunia saat ini masih dihadapkan pada fragmentasi antar negara, ketegangan dan konflik geopolitik, ketimpangan sosial dan ekonomi, kemiskinan, kriminalitas lintas negara, tren pelambatan pertumbuhan ekonomi global, ancaman perubahan iklim yang semakin berdampak, kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini pun menilai dibutuhkan kerja sama antara Pemerintah dengan Parlemen dalam menjalankan diplomasi regional dan global. Puan mengatakan, hal tersebut demi menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

Baca juga :