Lasarus: Normalisasi Danau Efektif Kendalikan Banjir

Lasarus mendapat laporan bahwa baru sekitar 30 persen wilayah danau tersebut yang rampung dinormalisasi.
Sabtu, 15 Oktober 2022 18:20 WIB Jurnalis - Ali Imron

Kapuas Hulu, Gesuri.id - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memantau proyek normalisasi danau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (15/10). Terdapat tiga danau yang dipantau Lasarus proses normalisasinya, yakni Danau Sinau, Danau Jaras, dan Danau Selanyut. Berada di Kecamatan Bika, ketiga danau ini memiliki luas 70 hektare lebih.

Baca:Lima Arahan Presiden Jokowi kepada Jajaran Polri, Berikut...

Berdasarkan peninjauan yang dilakukannya, Lasarus mendapat laporan bahwa baru sekitar 30 persen wilayah danau tersebut yang rampung dinormalisasi. Meski baru 30 persen, Lasarus mengklaim proyek yang dikerjakan Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) I itu sudah memberikan dampak yang cukup signifikan dalam pengendalian banjir di wilayah ibukota Kabupaten Kapuas Hulu dan sekitarnya.

Normalisasi sudah dikerjakan satu tahun ini dan dampaknya menurut informasi warga dan Pak Bupati, banjir di Kapuas Hulu lebih cepat surut dan tidak cepat naik ketinggian airnya walaupun hujan berhari-hari. Berarti sudah ada nampak hasil normalidasi danau ini walaupun pekerjaan baru 30 persen. Andaikata 100 persen dinormalisasi semua, target kita ibukota Kapuas Hulu bebas banjir, kata Lasarus di Danau Sinau, Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (15/10).

Baca juga :