Mahfud: Kekuasaan Campur Baur Picu Penurunan Indeks Persepsi Korupsi

"Apa penjelasannya? karena tadi batas-batas kekuasaan itu bercampur baur,” kata Mahfud.
Jum'at, 24 November 2023 05:15 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Calon Wakil Presiden Mahfud MD mengungkapkan penurunan indeks persepsi korupsi Indonesia berdasarkan hasil penelitian Transparansi Internasional. Padahal, biasanya indeks tersebut terus mengalami peningkatan secara konsisten setiap tahunnya sebanyak 1 angka sejak tahun 1999.

Apa penjelasannya? karena tadi batas-batas kekuasaan itu bercampur baur, kata Mahfud dalam Dialog Terbuka di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (23/11/2023).

Berdasarkan Transparansi Internasional saat ini, indeks persepsi korupsi Indonesia mengalami penurunan mulai dari 38 menjadi 34. Penurunan berlangsung dari tahun 2021 ke 2022.

Mahfud menjelaskan, batas-batas kekuasaan yang bercampur baur banyak terjadi di pemerintah. Misalnya, seorang anggota DPR yang notabene berasal dari lembaga legislatif, tapi juga memiliki sebuah perusahaan.

Kemudian kalau ada nego-nego dengan pemerintah bagi pengembangan perusahaannya, digarap di legislatif dalam forum rapat kerja dan sebagainya, jelas Mahfud yang berpasangan dengan Capres Ganjar Pranowo.

Baca juga :