Maluku Berpotensi Jadi Poros Ekonomi Indonesia

Maluku pernah memiliki jalur perekonomian sendiri yang dinamakan jalur rempah dan Maluku menjadi titik pusatnya.
Rabu, 31 Oktober 2018 22:26 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun menilai Maluku berpotensi dijadikan sebagai poros perekonomian Indonesia di Abad XXI karena wilayah tersebut memiliki nilai historis dan ekonomis bagi Nusantara sejak abad XII hingga abad XX layaknya Tiongkok yang membangkitkan kembali jalur sutera.

Sejarah semestinya tidak menjadi benda mati dan hanya menjadi pelajaran menghafal di sekolah, kata dalam acara bedah buku berjudul Maluku Staging Point RI Abad 21 yang merupakan karyanya, di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (31/10).

Dia mengatakan, dalam perjalanan sejarah nusantara, Indonesia terutama Maluku pernah memiliki jalur perekonomian sendiri yang dinamakan jalur rempah dan Maluku menjadi titik pusatnya.

Dalam catatam sejarah, katanya, Maluku merupakan penghasil rempah-rempah terbaik dunia yang merupakan komoditas perdagangan termahal mengalahkan harga emas di dunia pada abad XVI.

Bahkan, selama abad XVI-XVIII Maluku memasok kebutuhan rempah-rempah dunia yang melahirkan globalisasi, jaringan maritim dunia, inovasi, dan revolusi sistem keuangan dan korporasi global pertama kali di dunia, ujarnya.

Baca juga :