Masuk Era Intelijen 3.0, BIN dan ITB Harus Berkolaborasi

Pola intelijen klasik berupa human intelligence semata sudah tidak bisa Iagi menjawab tantangan zaman.
Rabu, 31 Januari 2018 12:20 WIB Jurnalis - Andri Setiawan

Bandung, Gesuri.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan menjadi dosen tamu pada kuliah umun bertema lntelijen Indonesia: lnstitusi, lntuisi, dan lnovasi, di Aula Barat Kampus ITB, Rabu, yang dalam pemaparannya menekankan kolaborasi ITB dan BIN sebagai pilar sistem inovasi nasional dalam menghadapi era intelijen yang dia sebut intelijen 3.0.

Pola intelijen klasik berupa human intelligence semata sudah tidak bisa Iagi menjawab tantangan zaman. Saatnya BIN mulai memasuki era intelijen 3.0, dengan menerapkan technology intelligence, kata Budi Gunawan.

Oleh karena itu, kata dia, kerja sama dengan kampus terkemuka seperti ITB adalah harus dilakukan, seperti badan intelijen Amerika Serikat CIA yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Massachusetts (MIT).
Kampus papan atas di bidang teknologi adalah tulang punggung lembaga intelijen di berbagai negara maju, kata dia.

Kepala BIN juga menyampaikan aIasan kedatangannya sebagai pengajar pada studium generale adalah karena ITB merupakan institusi yang paling maju dalam bidang teknologi di Indonesia, dan memiliki SDM mumpuni.

Biasanya, saya menjadi pengajar di lingkungan LEMDIK Polri, STIN, dan Iembaga penegak hukum lainnya. Namun, pagi ini saya bangga dan merasa terhormat diundang menjadi dosen tamu di ITB untuk mengisi mata kuliah Studium Generale, ujar dia.

Baca juga :