Menteri Azwar Anas Apresiasi Jabar Command Center

Jabar Command Center merupakan pusat visualisasi dan integrasi data Jawa Barat yang dilengkapi dengan berbagai infrastruktur.
Jum'at, 21 Oktober 2022 05:08 WIB Jurnalis - Haerandi

Bandung, Gesuri.id Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyambangi pusat kendali Provinsi Jawa Barat yang dinamai Jabar Command Center yang bertempat di kawasan Gedung Sate, Kota Bandung.

BacaMenteri Anas Pangkas Bisnis Layanan Kepegawaian

Jabar Command Center merupakan pusat visualisasi dan integrasi data Jawa Barat yang dilengkapi dengan berbagai infrastruktur untuk kegiatan monitoring, koordinasi, dan pengambilan keputusan.

Saya mengapresiasi inisiasi dari Pemprov Jabar melalui Command Center yang tidak hanya memantau potret data di lapangan, tapi ada beberapa inovasi mulai dari soal manajemen kepegawaian, quick response ketika publik bertanya maupun memerlukan bantuan, dan lain-lain, ujar Menteri Anas usai mengunjungi Jabar Command Center, Kamis (20/10).



Meski tak bertatapan langsung dengan Gubernur Jawa Barat, Menteri Anas sempat berdiskusi terkait pelayanan publik.

Tadi saya komunikasi via telepon dengan Gubernur Jabar Pak Ridwan Kamil, kita diskusi poin-poin transformasi pelayanan publik berbasis digital. Nantinya Jabar akan menjadi salah satu referensi utama bagaimana pelayanan publik bisa sangat ekselen dengan basis teknologi, imbuh Anas.

Mantan Bupati Banyuwangi tersebut memberikan acungan jempol kepada Pemprov Jawa Barat yang telah menggunakan instrumen tersebut untuk memperpendek dan mempercepat alur birokrasi termasuk layanan dan program kepegawaian. Anas menilai Jabar Command Center menjadi model yang baik dalam upaya akselerasi transformasi digital yang menjadi salah satu arahan Presiden RI Joko Widodo.

Terlebih lagi Pemprov Jabar sedang mengembangkan super app yang berisi berbagai layanan di satu genggaman. Anas mengungkapkan, saat ini pemerintah sedang mencari sistem dan super app yang mumpuni untuk layanan publik. Kementerian PANRB memberikan ruang pada daerah yang memiliki inovasi dan terobosan dalam bidang tersebut.

Baca juga :