Menteri PANRB Dukung Transformasi Layanan Keimigrasian

Anas: Imigrasi menjadi concern pemerintah karena ini ibaratnya menjadi etalase negara.
Kamis, 19 Januari 2023 17:12 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id -Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anasmengatakan wajah imigrasi menjadi cerminan representasi Indonesia karena imigrasi menjadi check-point warga asing untuk masuk ke Indonesia. Oleh karena itu diperlukan transformasi layanan keimigrasian secara komprehensif.

Baca:Khusnul Khotimah Yakinkan PDI Perjuangan Pro-Perempuan

Imigrasi menjadi concern pemerintah karena ini ibaratnya menjadi etalase negara. Presiden Joko Widodo memberi atensi khusus untuk transformasi keimigrasian. Menkumham Pak Yasonna Laoly juga sangat intens mendorong transformasi ini. Kami di Kementerian PANRB bertugas memperkuat tata kelola birokrasinya, ujar Menteri Anas dalam Rapat Evaluasi dan Konsolidasi Nasional Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (19/1).

Menteri Anas mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan telah ditindaklanjuti Kemenkumham, transformasi tata kelola layanan keimigrasian dilakukan dengan menerapkan digitalisasi yang terintegrasi. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghadirkan birokrasi yang berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Teknologi ini bisa menjadi instrumennya, imbuh mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

Baca juga :