Mercy Barends Minta PT. Industri Baterai Indonesia Aplikasikan Teknologi BESS di Wilayah 3T

Pengembangan sistem penyimpanan energi baterai yang tengah dikembangkan IBC, jangan hanya menggunakan platform pulau-pulau besar.
Kamis, 10 Agustus 2023 22:30 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Maluku, Gesuri.id - Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Chriesty Barends meminta BUMN PT. Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk mengaplikasikan Sistem Penyimpanan Energi Baterai atau Battery Energy Storage System (BESS) hingga ke pulau-pulau kecil hingga wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

BacaMercy Barends: BESS Harus Bisa Digunakan di Daerah 3T

Kami berharap pengembangan sistem penyimpanan energi baterai yang tengah dikembangkan IBC, tidak hanya menggunakan platform pulau-pulau besar sebagai basis pengembangannya. Tetapi juga harus bisa dikembangkan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, kata Mercy Barends saat pertemuan Komisi VII DPR dengan IBC di Balige, Sumatera Utara, baru-baru ini.

Mercy meminta perusahaan yang bergerak di ekosistem Battery Electric Vehicle (BEV) dan Electric Vehicle (EV) itu diminta melihat pulau-pulau kecil dan wilayah 3T untuk menjadi pusat pengembangan penyimpanan energi baterai sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

Politisi PDI Perjuangan ini berasumsi implementasikan BESS harusnya dilakukan secara merata, artinya artinya suluruh wialyah baik yang ada di ujung Jakarta akan sama dengan yang di ujung Maluku, Papua dan daerah-daerah 3T lainnya.

Baca juga :