Michael Nilai Keberadaan PLTBm Tekan Impor Migas

Pembangkit listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di Kabupaten Mempawah akan menekan impor migas .
Rabu, 26 September 2018 11:30 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Pontianak, Gesuri.id - Anggota Komisi XI DPR RI G Michael Jeno mengatakan adanya Pembangkit listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di Kabupaten Mempawah akan menekan impor migas mengingat sebagian pembangkit PLN masih menggunakan diesel.

Biomassa bisa menjadi alternatif untuk memperkecil penggunaan bahan bakar minyak dalam industri pembangkit listrik. Pasalnya, menguatnya dolar AS terhadap rupiah sangat berpengaruh terhadap impor migas Indonesia. Pemanfaatan biomassa jika diperluas tentu akan mengurangi konsumsi BBM untuk sektor kelistrikan kita. Sehingga tidak terlalu tergantung dari BBM lagi, ujarnya di Pontianak, Selasa (25/9).

Baca:Risma: Kota Surabaya Manfaatkan Sampah JadiListrik

Ia menambahkan apalagi Kalbar memiliki perkebunan kelapa sawit yang luas dimana limbah sawit, cangkang, tandan, dahan dan lainnya dapat dimanfaakan untuk PLTBm tersebut.

Selama ini cangkang sawit hanya dianggap sebagai limbah. Namun dengan adanya pembangkit menggunakan biomassa, limbah sawit sebagai bahan bakar utama, maka akan menimbulkan efek domino yang cukup besar bagi perekonomian Kalbar, kata anggota Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalbar itu.

Baca juga :