Nilai-nilai Pancasila 'Pisau Bedah' Seleksi Calon Pemimpin

Itu hal penting yang disampaikan Endro saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kedai Kopi WAW, Tanjung Seneng, Bandar Lampung.
Minggu, 05 Juli 2020 13:40 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Bandar Lampung, Gesuri.id - Anggota Komisi II DPR RI Endro Suswantoro Yahman menekankan nilai-nilai Pancasila yang sebenarnya sudah hidup dalam praktik keseharian masyarakat, dapat digunakan sebagai pisau bedah untuk mengontrol para pemimpin dan menyeleksi calon pemimpin.

Itu hal penting yang disampaikan Endro saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kedai Kopi WAW, Tanjung Seneng, Bandar Lampung, Jumat (3/7) sore.

Dengan demikian, sebenarnya kita dapat menggunakan Pancasila sebagai alat untuk mengontrol para pemimpin kita dan menyeleksi dan memilih orang-orang yang mengajukan diri sebagai calon pemimpin dalam pilkada langsung. Sehingga dalam praktik kekuasaan yang dijalankan, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya, perilakunya, tidak menyimpang dari ideologi Pancasila yang pasti merugikan dan merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengajak masyarakat untuk mempraktikkan Pancasila dalam menyeleksi para calon pemimpin mereka dalam Pilkada serentak Desember mendatang, dan menjauhi calon pemimpin yang mendewakan uang untuk memperoleh kekuasaan.

Baca juga :