Pelarangan Mudik, Eko Serukan Koordinasi Antar Instansi

Percepatan program pencegahan dan penanganan dampak Covid-19 perlu sinergi antar lembaga baik tingkat pusat maupun daerah.
Sabtu, 11 April 2020 18:07 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Yogyakarta, Gesuri.id - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menilai upaya percepatan program pencegahan dan penanganan dampak Covid-19 perlu sinergi antar lembaga baik tingkat pusat maupun daerah.

Karena menurut Eko, keberhasilan pencegahan dampak Covid-19 bisa terwujud jika ada disiplin warga untuk tetap tinggal dirumah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan, termasuk tidak bepergian atau mudik.

Baca:Demi Keselamatan Bersama, ASN dan Keluarga DilarangMudik

Setelah melakukan seruan agar perantau tidak mudik dan berbagai kebijakan menghentikan arus mudik, Pemerintah harus mengkoordinasikan Pemda untuk membantu dan menjamin kebutuhan hidup para perantau khususnya menjelang Ramadhan hingga lebaran dengan menyediakan bahan pangan yang cukup serta keringanan berbagai beban ekonomi lainnya, ujar Eko.



Eko menambahkan bahwa seruan kepada perantau agar tidak mudik, yang disampaikan Pemda se DIY bisa operasional atau berjalan baik saat diikuti dengan skema bantuan bagi para perantau.

Saya memahami kondisi sodara kita diperantauan. Mereka ini dihadapkan pada berbagai masalah diantara ketersediaan bakan makanan, mungkin juga ada yang terbebani harus bayar kontrakan dan lain lain, tambah Politisi muda dari partai PDI Perjuangan itu.

Baca juga :