Presiden: Selama 4 Tahun, Inflasi Berada di Bawah 4 Persen

Dengan koordinasi yang baik, menurut Presiden, inflasi yang stabil dan diharapkan semakin tahun, semakin turun semakin baik.
Kamis, 26 Juli 2018 15:11 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi seluruh kepala daerah dan anggota tim pengendali inflasi baik di pusat ataupun daerah karena selama 4 tahun ini mampu menekan inflasi pada angka di bawah 4%.

Tahun 2015 di angka 3,35%, 2016 3,0%, 2017 3,1%. Lompatan seperti ini harus terus kita lanjutkan karena saya lihat sekarang koordinasi antara pusat dan daerah semakin baik, ada Satgas pangan dan juga yang ada di pusat dan daerah juga bekerja dengan baik, ujar Presiden saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2018, di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7).

Baca: Presiden Ajak Komponen Bangsa Teguhkan Persatuan

Dengan koordinasi yang baik, menurut Presiden, inflasi yang stabil dan diharapkan semakin tahun, semakin turun semakin baik. Ia juga berharap nilai inflasi berkisar antara 1 dan 2 sehingga sama seperti negara-negara yang maju dan stabilitas harga tetap bisa terjaga.

Problem sekarang ini, menurut Presiden, adalah ketidakpastian ekonomi global sulit diprediksi dan dikalkulasi karena kebijakan-kebijakan memang pada posisi transisi yang menuju pada norma yang baru. Untuk itu, persiapan antisipasi itu, menurut Presiden, betul-betul harus terus dilakukan dan merespons perubahan-perubahan yang ada.

Baca juga :