Presiden Terpilih Dinilai Perlu Dorong Riset Kebencanaan 

Perlunya riset tentang pengkajian prediksi bencana dan sistem peringatan dini.
Senin, 01 Juli 2019 10:02 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Purwokerto, Gesuri.id - Presiden terpilih dinilai perlu mendorong peningkatan riset kebencanaan terkait pengkajian prediksi bencana dan sistem peringatan dini, kata akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Dr Indra Permanajati, ST.,MT.

Perlu lebih banyak lagi riset tentang prediksi bencana yang bisa terjadi di suatu wilayah dan juga pengembangan teknologi peringatan dini yang makin baik, katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (1/7).

Baca:Jokowi Tegaskan BNPB Tetap di Bawah Presiden

Indra yang merupakan dosen Mitigasi Bencana Geologi, Jurusan Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman tersebut menjelaskan, pengkajian-pengkajian riset kebencanaan selama ini memang sudah dilakukan dengan baik dengan menerapkannya sebagai salah satu prioritas kajian di bidang kebumian.

Selama ini sudah banyak riset tentang kebencanaan, namun di masa mendatang, permasalahan tentang kebencanaan yang masih harus menjadi fokus penelitian adalah tentang pengkajian prediksi bencana dan sistem peringatan dini, katanya.

Baca juga :