Provinsi Bali Ditargetkan Bebas Rabies Tahun 2020

Hal ini melalui sejumlah upaya pemberantasan dan pencegahan.
Rabu, 02 Januari 2019 19:29 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Denpasar, Gesuri.id - Gubernur Bali Wayan Koster menargetkan Pulau Dewata pada tahun 2020 bisa terbebas dari virus rabies melalui sejumlah upaya pemberantasan dan pencegahan.

Dengan anggaran dan tim yang sudah ada, kami prioritaskan daerah yang masih masuk kawasan terjangkit rabies, sehingga di tahun mendatang sudah benar-benar bebas, katanya saat menerima audiensi Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali Wayan Mardiana dan sejumlah pakar rabies, di Denpasar, Rabu (2/1).

Baca:DPRD Klungkung Soroti Peningkatan Kasus AnjingRabies

Demikian pula untuk daerah-daerah yang lain, lanjut Koster, juga harus diperhatikan agar tetap bebas dari rabies. Dalam audensi yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya tersebut, Gubernur Koster menyatakan akan mendukung upaya program pemberantasan rabies tersebut, termasuk juga tindakan pencegahan dini, seperti vaksinasi.

Di luar itu, Gubernur Koster juga mengusulkan untuk mengadakan kontes anjing kintamani serta penggalakan usaha penangkaran satwa terancam punah untuk menjaga keberadaan satwa endemik Bali tersebut.

Baca juga :