Puan: Pemerintah Pertimbangkan Gelar Pahlawan Sardjito

Ketua DPP PDI Perjuangan non-aktif ini mengingatkan anak bangsa jangan melupakan sejarah.
Selasa, 27 Februari 2018 12:42 WIB Jurnalis - Fathor Rasi

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PKM) Puan Maharani mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan usulan agar Profesor Sardjito ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

Kami ada aturan dan mekanisme apakah semua persyaratan untuk menjadi pahlawan itu selesai atau belum. Kalau belum akan kami sampaikan, kata Puan di sela Seminar Nasional dalam Rangka Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Prof Dr Sardjito, MPHdi Jakarta, Selasa (27/2).

Pemerintah, kata Ketua DPP PDIP non-aktif ini, akan melakukan pengecekan dan penelitian atas usulan Sardjito menjadi pahlawan nasional sesuai persyaratan.

Pemerintah mengecek apakah semua persyaratan sudah cukup atau harus dilengkapi. Jejak sejarah harus dilengkapi apakah benar atau ada saksi sejarah bahwa hal-hal dimaksud telah dilakukan, terangnya.

Kendati demikian, secara selintas Puan berpandangan jasa Sardjito sangat besar maka wajar jika ada usulan agar mantan rektor Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia itu diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Baca juga :