TB Hasanuddin: Permintaan Maaf Belanda Hanya Politis

Kang Hasan: Pernyataan Mark Rutte disampaikan hanya kepada negara-negara di Karibia, yang salah satunya adalah Suriname.
Kamis, 29 Desember 2022 15:15 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengitisi apa yang disampaikan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte saat diskusi bertajuk Kolonialisme, Perbudakan Kapitalisme: Setelah Permintaan Maaf Belanda kepada Indonesia yang digelar Megawati Institute secara virtual, Rabu (21/12), tak spesifik ditunjukan kepada Indonesia.

Baca:TB Hasanuddin Salurkan Bantuan Peduli Banjir di Ujungjaya

Menurut Kang Hasan sapaan akrabnya, pernyataan Mark Rutte disampaikan hanya kepada negara-negara di Karibia, yang salah satunya adalah Suriname.

Sehingga, pihaknya bersama Kemlu RI menilai bahwa Mark Rutte hanya menyampaikan peryataan secara politis demi kepentingan dalam negerinya.

Jadi saya barangkali perlu sedikit meluruskan bahwa dalam peninjauan kami, dan saya juga sudah berbicara dengan staf Kementerian Luar Negeri bahwa peryataan Mark Rutte, perdana menteri Belanda pada tanggal 19 Desember, itu tidak secara khusus atau spesifik menyebut Indonesia dalam tulisan yang berbahasa Inggris maupun berbahasa Belanda. Ternyata hanya menyebutkan negara Karibia termasuk di dalamnya Suriname, kata TB Hasanuddin.

Baca juga :